Home / Regional / Ke-203 kali Tanam Pohon, GTP Jadi Contoh Anak Panti

Ke-203 kali Tanam Pohon, GTP Jadi Contoh Anak Panti

Kota Bogor-untuk ke-203 kali, Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) kembali menggelar tanam pohon, kali ini bersama anak-anak di Satuan Pelayanan Perlindungan Sosial Anak ( Satpel) di Jalan Aria Surya Laga, Kelurahan Cibalagung, Kecamatan Bogor Barat, Minggu (20/01/2019).

Inisiator GTP, Heri Cahyono, mengatakan ternyata masih banyak lahan yang terbuka dan sangat cocok dimafaatkan untuk menanam pohon agar bumi ini tetap asri.
“Setelah kita lihat ternyata masih banyak lahan yang masih terbuka sehingga kemarin Pimpinan Panti Asuhan ini mengatakan bahwa ada pohon-pohon lagi bisa untuk ditanam,” kata Heri kepada awak media disela-sela kegiatan.

Di tempat tersebut, terlihat banyak anak-anak, tentunya dengan lingkungan asri, lingkungan yang sejuk apalagi penuh dengan tanaman buah itu sangat dibutuhkan di wilayah tersebut.
“karena dibutuhkan nutrisi juga buat anak-anak panti, dan akhirnya kita datangkan sejumlah pohon mangga, pohon jambu, dan dibelakang juga ada lahan-lahan kritis, karena dulu kita tanam pohon jambu tetapi roboh terkena angin puting beliung sehingga kita gantikan dengan tanaman mahoni,” ujar Heri.

Heri mengungkapkan, di tempat tersebut sudah 2 kali melakukan penanaman dengan melibatkan anak-anak panti. “Pertama untuk memunculkan kepeduliaan terhadap lingkungan, beredukasi juga terhadap mereka, dan juga mendidik akan pentingnya alam serasian antara manusia dengan alam ini sehingga kelibatkan mereka,” ungkapnya.

Kegiatan menanam pohon bersama, diawali dengan olahraga yaitu senam pagi bersama Ibu-ibu. Karena, menurutnya ada filosofi yang mengatakan di dalam jiwa raga yang sehat, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa raga yang sehat.

“Itu yang kita tanamkan juga sebelum gerakan penanaman kita olahraga sehingga tubuh kita sehat dan jiwa kita pun sehat,” ujar Heri Cahyono .

Lalu, pada kesempatan tersebut Heri memaparkan, hal tersebut memberikan semangat bahwa gerakan tanam pohon adalah sebuah misi yang sangat luhur, misi yang sangat baik untuk umat manusia. Bukan hanya di Indonesia tetapi untuk kepentingan umur bumi. Heri juga membeberkan bahwa sekarang bumi ini sering sekali mengalami bencana, seharusnya sebagai makhluk penghuni bumi ini sadar akan pentingnya alam ini.

“Karena kita sering mengalami bencana berarti kita harus merawat bumi sebaik-baiknya karena bumi akan memberikan kesejahteraan untuk umat manusia jika tidak kita rawat, dan tidak menyadari akan pentingnya alam ini maka kita akan menjadi manusia yang tidak berterimakasih kepada bumi dan isinya yang diperuntukan memang untuk manusia,” pungkasnya.

(Mira)

Komentar

About kilas bogor

Check Also

Bima Arya dan Dedie Rachim Resmi Dilantik

Bandung – Bima Arya dan Dedie A. Rachim secara resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Barat, ...

Translate »