Home / Ragam / Tubuh Sehat : Sadari 4 Kebiasaan Kecil yang Memicu Terganggunya Kesehatan Tubuh

Tubuh Sehat : Sadari 4 Kebiasaan Kecil yang Memicu Terganggunya Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat dan kuat adalah dambaan bagi setiap orang, karena tubuh sehat merupakan harta paling berharga dalam menjalani kehidupan.

Dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas dapat dilakukan dengan lancar. Namun pada kenyataannya, banyak dari kita yang masih belum menyadari tentang hal-hal yang sering kita lakukan tetapi justru membuat kesehatan tubuh menurun secara perlahan. Mari kita simak beberapa penjelasan berikut.

1. Begadang
Manusia pada umumnya membutuhkan waktu 6-8 jam untuk tidur dan mengistirahatkan badannya. Tetapi jika terlalu sering begadang, dapat dipastikan tubuh akan mengalami penurunan kesehatan karena kekurangan waktu beristirahat.

Beberapa hal yang ditimbulkan karena begadang antara lain, kurang tidur dapat menyebabkan tenakan darah meningkat cendenrung memicu serangan jantung dan stroke, badan terasa lemas sepanjang hari, serta kekebalan tubuh menurun.

Tidurlah dengan waktu yang cukup agar waktu istirahat tubuh terpenuhi untuk kesehatan tubuh yang tetap terjaga dengan baik.

2. Melewatkan Sarapan Pagi
Tubuh kita dianggap berpuasa selama tidur selama 6-8 jam karena tubuh tidak mendapatkan asupan sama sekali.

Ketika tubuh tidak mendapat asupan karena sarapan pagi terlewatkan, maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti, migrain, maag, turunnya kekebalan tubuh, menurunnya kemampuan kognitif, mudah marah, obesitas (karena makan pada siang hari terlalu banyak), bahkan meningkatkan kadar gula darah yang memicu diabetes.

Pentingnya sarapan pagi begitu membawa pengaruh besar bagi kesehatan tubuh. Sempatkan diri Anda untuk sarapan pagi dengan makanan yang sehat dan bergizi agar kesehatan tubuh tetap stabil.

3. Terlalu Lama Duduk
Duduk memang hal yang tepat dilakukan jika sedang tidak melakukan apapun. Tetapi jika duduk dilakukan terlalu lama, akan berdampak tidak baik terhadap kesehatan tubuh.

Dengan duduk terlalu lama akan membuat leher dan tulang punggung merasa sakit. Duduk terlalu lama juga memicu menurunnya kesehatan otak karena peredaran darah yang membawa oksigen ke otak menjadi terhambat. Selain itu, dapat juga memicu melemahnya otot tubun, karena pada saat duduk tubuh tidak melakukan aktivitas gerakan atau olahraga ringan yang dapat menguatkan otot.

Bergeraklah sesekali agar tubuh dapat berelaksasi, dengan berjalan, berdiri, atau melakukan olahraga ringan dapat membuat tubub menjadi lebih sehat diimbangi dengan pola makan yang sehat juga.

4. Terlalu Lama Menggunakan Gadget
Pada era globalisasi saat ini gadget memang sangat dibutuhkan, tetapi jika penggunaannya berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Karena terlalu lama menggunakan gadget dapat memicu hal seperti menurunnya kemampuan otak, terganggunya kinerja mata karena mata terlalu lelah, mengganggu waktu tidur karena terlalu asik/kecanduan bermain gadget, dan dapat merubah postur tubuh karena tulang punggung menjadi bungkuk ke depan.

Gadget memang memiliki manfaat bagi kita, tetapi gunakanlah gadget secara bijak. Tentunya kita tidak ingin kesehatan tubuh kita terganggu karena penggunaan gadget yang tidak sesuai dengan semestinya.

Sekarang kita sudah mengetahui hal-hal biasa namun sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Jagalah kesehatan tubuh dengan selalu memperhatikan hal-hal kecil yang kita lakukan.

 

 

Nur Rohmah Sa’adah

032117082

Komentar

About kilas bogor

Check Also

Kerajinan Tangan Bunga Cantik Dari Limbah Plastik

Bogor, Indonesia- (27/11/2019) Limbah plastik sering kali menjadi masalah lingkungan yang serius. Plastik yang sulit ...

Translate »