Home / Ragam / Teater Diksatrasia Gelar Lokakarya Penataan Cahaya dan Artistik bersama Yegi Sandi Aryaguna

Teater Diksatrasia Gelar Lokakarya Penataan Cahaya dan Artistik bersama Yegi Sandi Aryaguna

Bogor, Indonesia – Pertunjukkan Teater merupakan salah satu jenis kesenian berupa pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung. Dalam berteater banyak hal yang harus di persiapkan. Selain kesiapan aktor untuk pentas di depan banyak orang, banyak hal yang harus mendukung berjalannya sebuah pertunjukkan teater tersebut. Mislanya seperti ; tata cahaya lampu dan artistik.
Kemarin, Selasa, 3 Desember 2019 Teater Diksatrasia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan telah melaksanakan lokakarya (workshop) Penataan Cahaya dan Artistik dengan tema “Menyapa dan Menata Panggung Dengan Penuh Perasaan”. Pemateri dalam lokakarya tersebut ada 3 ; Yegi Sandi Aryaguna sebagai pemateri penataan cahaya dan artistik selaku Anggota Kehormatan Teater Diksatrasia atau sering disebut juga dengan sebutan rajanya lampu di Bogor. Lalu ada lagi Raka Agung Kurniawan sebagai pemateri penataan cahaya selaku Anggota Aktif Teater Diksatrasia dan mahasiswa aktif Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dan yang terakhir ada Mochammad Lutviantono sebagai pemateri penata artistik selaku Anggota Aktif Teater Diksatrasia dan mahasiswa aktif Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Dalam lokakarya tersebut pembicara memberikan sebuah penjelasan mengenai apa itu pentingnya cahaya (lighting) dan artistik dalam sebuah pementasan. Dan bukan hanya penjelasan saja yang diberikan para pemateri dalam lokakarya tersebut, namun pemateri juga memberikan praktik untuk memberikan contoh langsung kepada para peserta dan memberikan waktu untuk peserta mencobanya.
“Disepakati bahwa antara aktor, penataan cahaya, dan artistik itu seimbang. Aktor bergerak tanpa adanya penataan cahaya dan artistik tentu terasa hambar, begitupun dengan cahaya dan artistik bila tidak ada aktor maka tentu tidak akan berguna. Dengan itu, disepakati bahwa ketiga bagian tersebuat seimbang dan saling menyeimbangkan”. Kata Pemateri Yegi Sandi Aryaguna
Dalam lokakarya tersebut peserta berisikan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terlebih Calon Anggota Baru Teater Diksatrasia, Keluarga Teater Kampus Bogor dan umum yang berminat. Dan dalam lokakarya tersebut, tidak ada pemungutan biaya apapun atau disebut gratis. Sungguh menyenangkan bukan mendapatkan ilmu baru yang asik dengan gratis?
Sampai bertemu di lokakarya-lokakarya lainnya, lokakarya yang diadakan oleh Teater Diksatrasia akan selalu diinformasikan di akun sosial media Teater Diksatrasia. Semoga di kesempatan lain dapat ikut serta dalam lokakarya lainnya.

Intan Nurani Putri (032116038)
Marhamah Ida Nafisah (032117035)
Risa Adittia Tanur (032117041)
Fadhillah Widyawati (032117042)
Syaebatul Fazrin (032117083)

Komentar

About kilas bogor

Check Also

HimafarCare 2019 “Bersama Kita Berbagi Kehangatan dan Menginspirasi Demi Meningkatkan Kepedulian Serta Mewujudkan Masyarakat yang Lebih Sehat”

Himpunan Mahasiswa Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan gelar HimafarCare 2019, ...

Translate »