Home / Pendidikan / SDN Citeko 01 Sekolah Permodelan Pendidikan Karakter di Kabupaten Bogor

SDN Citeko 01 Sekolah Permodelan Pendidikan Karakter di Kabupaten Bogor

 

SDN Citeko 01 adalah sekolah dasar yang berada di desa Citeko kecamatan Cisarua kabupaten Bogor. Letak sekolah ini berada di pinggir jalan Citeko. Sekolah ini menjadi salah satu SD permodelan pendidikan karakter di Kabupaten Bogor.

Pendidikan karakter adalah penerapan melalui pembiasaan berkarakter baik yang diterapkan kepada setiap orang. Menurut Kemendikbud RI pendidikan karakter itu sendiri memiliki 18 nilai yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab . Karakter yang baik sangatlah penting dibangun agar kelak peserta didik menjadi manusia yang berkarakter baik atau berakhlak baik dan berkualitas. Maka dari itu sangatlah penting sebuah pendidikan karakter untuk diterapkan pada setiap anak.

Sebagai sekolah permodelan, sekolah dasar ini telah mencoba menerapkan pendidikan karakter di setiap kehidupan di sekolah dan juga dalam proses belajar mengajar. Banyak aktifitas yang diselipi nilai pendidikan karakter, diantaranya:

Kegiatan penyambutan siswa, setiap hari sekolah guru-guru kelas dijadwalkan untuk piket. Guru piket harus datang sebelum siswa-siswi datang. Tugas guru piket adalah menyambut peserta didik dan bersalaman dengan para murid tak terkecuali dengan orangtua murid yang mengantar anaknya.

Kegiatan sholat, kegiatan sholat ini dilaksanakan saat sholat dhuha, sholat dzuhur dan ashar. Menyesuaikan kelasnya, karena di SD ini ada yang masuk pagi dan sebagian masuk siang. Kegiatan ini dilaksanakan di depan ruang kelas dengan digelarkannya karpet, karena luas sekolah yang terbatas menjadikan tidak tersedianya mushola khusus siswa untuk sholat. Dengan adanya sholat berjamaah dapat meningkatkan rasa religius pada diri setiap anak.

SD permodelan karakter ini, di setiap Sabtu menyelenggarakan kegiatan menyimak tausiah dan juga kegiatan eskul wajib yaitu eskul pramuka. Kegiatan pramuka didalamnya terdapat akhlak mulia atau karakter baik yang bisa ditanamkan dalam diri siswa. Karater itu antara lain adalah rasa cinta tanah air

Di sudut sekolah ini, terdapat koperasi sekolah dengan melibatkan sebagian sisiwa-siswi kelas 4 secara bergiliran untuk melayani pembeli yang juga merupakan teman-temannya sendiri. Siswa-siswi sangatlah antusias dan semangat diberikan tugas menjaga koperasi. Karakter yang dapat diasah antara lain adalah sikap jujur dan tanggung jawab.

Fasilitas di SD ini, salah satunya terdapat ‘Pojok Baca’ yang berada di tempat strategis sekolah ini. Sangat memungkinkan untuk setiap siswa bisa membacanya. Koleksi pojok baca ini pun lumayan beragam mulai dari buku paket pelajaran, pengetahuan ensiklopedia, buku-buku cerita bergambar dan buku-buku lainnya yang bisa menarik perhatian anak. Adanya pojok baca ini mampu meningkatkan sikap gemar membaca pada anak.

Ruang kelas di SD ini tidak sebanding dengan Rombel kelas, jadi ada sebagian kelas yang harus sekolah pada siang hari sampai sore. Sehingga setiap murid dituntut disiplin untuk menjaga kebersihan dan fasilitas kelas. Terlebih ruang kelas dipakai oleh 2 rombel kelas dalam waktu berbeda.

Pendidikan karakter penting diterapkan pada setiap anak. Tidak hanya di sekolah di rumah pun rasanya sangat penting diterapkan. Karena pendidikan ini akan membekas dan nantinya anak akan menjadi manusia berkarakter baik yang memiliki ke 18 unsur pendidikan karakter. Dalam dunia sekolah anak tidak hanya dituntut untuk pintar saja namun perlu sekali dibarengi dengan memiliki akhlak yang baik. Rasanya percuma prestasinya bagus, namun akhlaknya buruk. Harapannya setiap sekolah dapat mencontoh dan menerapkan pendidikan karakter untuk siswa-siswinya dan juga para orangtua menyadari dan menerapkan pendidikan karakter di dalam rumah mengingat pentingnya pendidikan karakter pada diri anak.

Afifa Salsabila

032117061

Komentar

About kilas bogor

Check Also

Yayasan Rumah Belajar Bogor, Membuka Pendaftaran Kelas Baru

Bogor, Indonesia – Institut rumah belajar yang bertempat di Jalan Kacapiring V6 No 1 Taman ...

Translate »