Home / Pendidikan / Rektor Unpak Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

Rektor Unpak Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

BOGOR – Jabatan Akademik sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan IPA – Prof. Dr. H. Bibin Rubini, M. Pd dikukuhkan. Pengukuhan tersebut diselenggarakan di Graha Pakuan Siliwangi, Sabtu (20/04/2019).

Perolehan jabatan sebagai guru besar itu, merupakan proses akumulasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat, serta penunjang lainnya.

Dalam bidang penelitiannya, Bibin melihat bahwa prestasi IPA terutama dalam penilaian menurut PISA (Programme for International Student Assesment), Indonesia ini selalu menduduki peringkat terbawah. Bahkan, 5 besar terbawah sejak tahun 2000.

Karena itu, Bibin melakukan kajian – kajian apa yang menjadi penyebab masyarakat menganggap bahwa IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang menakutkan dan tidak disukai oleh siswa. Menurutnya siswa, menganggap belajar IPA, belajar tentang hafalan, rumus, simbol, dan beraneka macam zat kimia.

“Itu sangat tidak disukai, maka itulah sebabnya kita melakukan pengkajian pembelajaran itu harus berdasarkan literasi sains, “jelasnya.

Rektor Universitas Pakuan Bibin Rubini, mengungkapkan bahwa setiap anak harus diperkenalkan bukan pada masalah konten tentang IPA saja, bukan produk-produk IPA saja yang meliputi konsep, prinsip, maupun hukum. Melainkan menyangkut permasalahan kontekstual bagaimana IPA itu dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kadang masyarakat kita hanya mengenal sains, tapi tidak pernah mencoba untuk menerapkan sains tersebut. Itu fungsinya kita mengajarkan IPA disamping belajar tentang akal sehat,tentang logika tetapi juga belajar tentang etika dan estetika, ”ungkapnya.

Dengan demikian, masyarakat yang menguasai literasi sains itu, menurut Bibin dimanapun keberadaan nya akan menjaga ketertiban, kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab. Karena memang masa depan Indonesia tergantung pada pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM).

“IPA dipandang sebagai mata pelajaran yang memberikan kontribusi besar dalam proses pembentukan karakter siswa, ”ucapnya.

(Mira)

Komentar

About kilas bogor

Check Also

Himpunan Mahasiswa Diksatrasia Bekerjasama Dengan Ikatan Alumni FKIP UNPAK

Translate »