Home / Pendidikan / FKIP UNPAK SULUH 370 GURU DAN KEPALA SEKOLAH SE-KECAMATAN JONGGOL

FKIP UNPAK SULUH 370 GURU DAN KEPALA SEKOLAH SE-KECAMATAN JONGGOL

FKIP UNPAK SULUH 370 GURU DAN KEPALA SEKOLAH SE-KECAMATAN JONGGOL

Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Pakuan lagi-lagi menggelar penyuluhan bahasa Indonesia untuk guru dan kepala sekolah di Kecamatan Jonggol (16/01/2019). Acara yang dilaksanakan tanggal 16 Januari 2019 di SDN Citra Indah Sukamaju, Jonggol ini berlangsung meriah. Tidak tanggung-tanggung 370 guru termasuk 51 kepala sekolah turut hadir dan mengikuti penyuluhan ini. Acara yang dimulai pukul 08.00—12.00 ini melibatkan 125 mahasiswa dan 18 dosen yang dibagi menjadi 18 kelompok. Sejak pukul 07.00 peserta sudah memadati lokasi penyuluhan yang terletak di Kompleks Perumahan Citra Indah. “Kami merasa senang dan haru melihat antusiasme peserta; apalgi di antara peserta banyak yang sudah tidak muda lagi,” ujar Edeh Nurvitasari selaku ketua panitia.

Acara yang sejak lama dipersiapkan itu akhirnya terlaksana dengan lancar. Tampak para dosen dan mahasiswa berkolaborasi dan berdiskusi dengan para peserta tentang bagaimana pemakaian bahasa Indonesia yang sesuai kaidah bahasa Indonesia. Bahkan sejak acara dimulai banyak peserta yang langsung bertanya. Kepiawaian dosen dan mahasiswa dalam memberikan penjelasan membuat peserta merasa puas. Apalagi dalam penyajian materi didukung oleh media pembelajaran yang menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu para peserta. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diawali dengan penandatanganan naskah kerja sama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Pakuan dan Kepala Koordintaor Layanan Pendidikan Formal dan Nonformal, Kecamatan Jonggol. Butir-butir yang menjadi penekanan dalam naskah kerja sama itu antara lain tentang pengabdian kepada masyarakat, literasi teknologi, dan pengembangan keterampilan menulis lanjutan untuk guru. Dalam penandatanganan itu, FKIP diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Sandi Budiana. “Kegiatan ini akan terus kami lakukan, khususnya di Kabupaten Bogor. Melalui kegiatan ini, kami berharap ada pencerahan bagi para guru tentang bagaimana menggunakan bahasa Indonesia, terutama ragam tulis yang sesuai dengan aturan,” ujar Sandi saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Kepala Koordinator Layanan Pendidikan Formal dan Nonformal, Kecamatan Jonggol, Ate Ahmad Saca Gunawan, S.Pd., M.M., menegaskan, “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Universitas Pakuan sebagai universitas swasta terbesar di Bogor yang mau turun gunung berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bahasa Indonesia kepada para kepala sekolah dan tenaga pendidik di Kecamatan Jonggol. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat diaplikasikan kepada peserta didik.” Ate juga menjelaskan kami kagum dengan Unpak yang banyak melibatkan dosen dalam kegiatan ini, baik dosen senior maupun dosen muda. “Ini kegiatan pertama kali yang pernah diselenggarakan di Jonggol,” tambah Ate.
Penanggung jawab kegiatan, Suhendra, yang juga Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia merasa senang dengan kegiatan ini apalagi melibatkan sejumlah guru yang sangat banyak. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Kasi GTK Dinas Pendidikan, Kabupaten Bogor yang membantu terselenggaranya kegiatan ini. Juga Kepala Koordintor Layanan Pendidikan Formal dan Nonformal, Kecamatan Jonggol yang telah memberikan fasilitas sehingga kegiatan ini terselenggara dengan baik. “Saat ini orang Indonesia cenderung lebih merasa bergengsi bila menggunakan kata-kata bahasa asing daripada kosa kata bahasa Indonesia. Padahal kita punya ribuan kosa kata yang bisa menggantikan kosa kata bahasa asing. Oleh karena itu, pengetahuan dan pemahaman tentang bahasa Indonesia perlu ditanamkan sejak dini pada anak-anak, khususnya di tingkat pendidiakn dasar. Itulah sebabnya, mengapa kami memilih sasaran para guru sekolah dasar. Kami berharap apa yang diperoleh melalui penyuluhan ini dapat diterapkan di sekolah masing-masing untuk kemajuan peserta didik,” imbuh Suhendra.

Komentar

About kilas bogor

Check Also

Himpunan Mahasiswa Diksatrasia Bekerjasama Dengan Ikatan Alumni FKIP UNPAK

Translate »