Home / Bogor Raya / DIKLAT KADER MUDA BELA NEGARA GELOMBANG 2 RESMI DIBUKA

DIKLAT KADER MUDA BELA NEGARA GELOMBANG 2 RESMI DIBUKA

DIKLAT KADER MUDA BELA NEGARA GELOMBANG 2 RESMI DIBUKA

RUMPIN – Upacara pembukaan TOT Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kader muda Bela Negara dari Gelombang 2 resmi dibuka bertempat di Gedung Pusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI di Desa Cibodas RT 03/02 Kecamatan Rumpin Kabuoaten Bogor, Selasa (1/10/2019).

Kegiatan upacara tersebut diikuti 61 orang peserta dan berlangsung sejak pukul 9.00 WIB. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Brigjen TNI Kartiko Wardani Kepala Pusdiklat Bela Negara, dengan Komandan Upacara Mayor CZI Imal M. Hadir pula para perwakilan dari berbagai instansi seperti pejabat eselon I dan II Kemhan RI, Forkominda Kab.Bogor, jajaran Lanud Atang Sendjaja dan lainnya.

Dalam kata sambutannya, Brigjen TNI Kartiko Wardani menerangkan, Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 Bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. “Pemahaman Bela Negara adalah suatu sikap perilaku setiap warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI,” jelasnya.

Kapusdiklat Bela Negara juga memaparkan, dalam rangka meningkatkan dan memelihara organisasi dan sumberdaya manusia, perlu dibentuk sikap dan jiwa serta kemampuan awal bela negara yang diimplementasikan di dalam proses diklat melalui teori dan praktek atau keterampilan seperti melatih disiplin, keteladanan tanggung jawab pantang menyerah berani mengambil resiko dan kerjasama.

Brigjen TNI Kartiko Wardani juga
memerintahkan kepada penyelenggara dan pendukung kegiatan diklat untuk melaksanakan semua aturan yang sudah ditetapkan secara benar dan penuh tanggung jawab. “Utamakan faktor keamanan dimanapun berada adakan pengecekan terhadap personil materiil sebelum selama dan sesudah kegiatan.” Himbaunya.

Komentar

About kilas bogor

Check Also

Puluhan Warga Gruduk Penjual Ciu di Bogor Selatan

BOGOR – Resah, Puluhan warga di wilayah RW 08, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, gruduk ...

Translate »